Sabtu, 08 Januari 2011

teknik merajut untuk pemula (cepat & mudah)





Merajut adalah sebuah ketrampilan tangan yang mudah dipelajari. Hanya dengan mengandalkan seutas benang dan sebatang jarum kait, kita bisa membuat berbagai jenis produk rajutan. Cukup dimulai dari empat macam tusuk dasar yang sederhana maka kita bisa membuat berbagai benda. Mulai dari benda-benda kecil seperti aksesori, boneka, syal, sampai bed cover/selimut.Nah, berikut adalah bahan-bahannya
ini adalah jarum ukuran 4.5, bisa dibeli di crayon
selanjutnya benang korea:
lalu berikut prosesnya: ^^

Setelah semua bahan dan peralatan tersedia, kita bisa langsung memulai membuat rajutan. Langkah-langkahnya cukup mudah mengikuti kode tusuk-tusuk dasar, yaitu chain (ch), single crochet (sc), half double crochet (hdc), dan double crochet (dc). Misalnya membuat chain (ch) sebagai langkah awal dalam setiap rajutan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Pegang benang di tangan kiri dan jarum dipegang tangan kanan. Selipkan ujung benang dari belakang kelingking, melewati jari manis dan tengah, lalu kait ke telunjuk sebagaimana gambar 1 dan 2. Kepala kait menghadap kita, sementara ibu jari dan jari tengah menjepit jarum.


Buat sebuah simpul hidup, seperti pada gambar 3 dan 4. Saat dirajut, benang akan meluncur dengan sendirinya di sela-sela jari.

Jika kita berhasil membuat chain (ch) yang panjang dan ukurannya sama, kita dianggap telah sukses melewati langkah ini. Setelah itu, kita harus mematikan rajutan dengan cara menambahkan satu ch lagi. Tarik benang sepanjang 1.5 cm lalu gunting. Tarik dan kencangkan.selamat mencoba...ini gw bikin setengah jadinya:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar